Friday, February 15, 2019

25 tips hidup sehat dengan cara alami


Masalah kesehatan sepele seperti sakit kepala, kembung, batuk, pilek, mudah kram tetap menjadi gangguan rutin sepanjang tahun 2009. Berikut ini kamisajikan sejumlah tip dari tiga pakar natural health, Andrew Weil, MD, DaphneMiller, MDf dan James Nicolai, MD untuk mengatasi masalah tersebut. Ternyatapencegahannya lebih mudah dari yang selama ini kita bayangkan. Mari simak
dan jadikan bekal P3K untuk membuka tahun 2010 mendatang.akan makanan bergizi, olahraga teratur, mengelola I stres, adalah sebagian dari anjuran hidup sehat yang selama ini sudah biasa kita kenal. Cara tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara menyeluruh dan mencegah penyakit-penyakit kronis. Tapi bagaimana dengan masalah-masalah kesehatan sepele seperti sakit kepala, kembung, pilek, batuk, gatal-gatal, mata kering, keputihan yang kerap kali kita alami?

Dalam upaya menggali infomarsi cara pengobatan terbaik yang bisa dilakukan di rumah, kami kutip anjuran pakar natura! health ternama, Andrew Weil, MD, integratif physician yang juga penulis terkenal berpuluh buku bidang natural medicine, Daphne Miller, MD, penulis buku The Jungle Effect; dan James Nicolai, MD, medical director dari Franciscan Center for Integrative Health di Indianapolis. Sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan ahli kesehatan keluarga Anda dalam hal pemilihan, dosis herba dan suplemen yang akan Anda coba.

1. Minum teh Oolong.

Hasil riset membuktikan bahwa jika penderita penyakit kulit (eczema) rajin minum teh Oolong (tiga kali sehari), gejala-gejala penyakit tersebut seperti, gatal-gatal akan berkurang. Poiyphenols yang terdapat dalam teh Oolong berperan aktif dalam proses penyembuhan tersebut.

3. Beralih ke herba.

Pernah mengalami gangguan varises? Selain rasa ngilu di sekitar pembuluh darah yang membesar, keindahan kulit kaki pun jadi terganggu. Coba bantu dengan mengonsumsi horse chestnut (sudah dijual di beberapa supermarket di sini). Bahan aktifnya telah terbukti membantu menguatkan pembuluh darah dan mengurangi terjadinya pembengkakan. Ekstrak herba ini juga tersedia dalam bentuk cream, meskipun belum banyak dijual di pasaran.

4. Nikmati jahe.

Folatil oil dalam jahe sudah sejak dulu terbukti bisa mengatasi problem penyumbatan hidung dan sesak napas. Campurkan dua cangkir air mendidih dengan satu jempol jahe yang sudah dikupas dan diparut. Rendam parutan jahe tersebut selama kurang lebih 10 menit, kemudian disaring. Minum sesering yang Anda butuhkan.

2. Makan pisang.

Penelitian menunjukkan pola makan kaya potasium relatif membuat tubuh lebih tahan dari gangguan darah tinggi. Selain mengurangi sodium yang merupakan langkah-langkah sehat untuk jantung , konsumsilah juga makanan yang mengandung potasium, misalnya pisang, melon, dan jeruk.

5. Minum air putih

Untuk mengobati migren akut, minumlah segelas air putih - dehidrasi dapat menimbulkan dan memancing sakit kepala. Bahkan jika Anda tetap membutuhkan obat untuk meredam rasa sakit kepala, cobalah berbaring dan kompres kepala dengan kompres dingin sampai menutupi mata. Atur pernapasan. Biasanya hal ini dapat membantu meredakan rasa sakit kepala lebih cepat.

6. Konsumsi probiotik.

Untuk menghindari infeksi jamur, bekali tubuh Anda dengan suplemen yang kaya bakteri baik (misalnya Lactobacillus atau Bifidobacterium) yang berperan menyeimbangkan populasi bakteri yang terdapat dalam saluran reproduksi wanita, sehingga terhindar dari gangguan keputihan.

7. Konsumsi sayuran pahit atau hijau.

Cegah masalah kesehatan yang berhubungan dengan gula dengan cara pengobatan Cina, yaitu seimbangkan dengan makan makanan pahit seperti pare, endive {sejenis selada), sayur-sayuran hijau, serta buah zaitun.

8. Konsisten gaya hidup alami.

Hindari produk-produk yang dapat merusak atau membuat kuku Anda kering seperti cat kuku yang mengandung formaldehyde serta pembersih cat kuku yang mengandung acetone. Begitu juga produk asesori rambut, misalnya pewarna, hairspray dan lain-lain.

9. Gunakan pembersih lidah.

Untuk mengatasi masalah bau mulut, coba gunakan pembersih lidah yang berfungsi mengikis serta membersihkan bakteri yang bersarang di belakang lidah. Beberapa studi menunjukkan bahwa membersihkan lidah sangat efektif mengurangi masalah bau mulut.

10. Jangan takut bawang putin.

Tambahkan bawang putih - mentah ataupun setengah matang - ke dalam makanan sehari-hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bawang putih mengandung bahan aktif antivirus dan antibakteri.

11. Sepatu olahraga yang baik.

Apakah Anda sering merasa lemah kurang energi? Saatnya Anda harus berolahraga .Berolahraga - meski hanya jalan cepat - terbukti efektif meningkatkan energi dibandingkan dengan tidur atau minum kopi. Lakukan dengan teratur, tiga kali dalam seminggu, dan gunakan sepatu olahraga yang tepat.

12. Konsumsi black cohosh

Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi herba black cohosh pada saat menjelang menopause akan mengalami hot flashes yang lebih ringan. Konsultasikan pada dokter, apakah Anda diperbolehkan mengkonsumsi herba black cohosh; jika ya, pilihlah produk yang sudah cukup terkenal dan sudah mengalami penelitian.

13. Hubungi seorang teman.

Menjaga jaringan sosial menjadikan Anda tetap hidup dan meraih keuntungan dalam jangka panjang. Pergaulan sosial telah dikaitkan dengan risiko rendah penyakit jantung, dan mereka yang terkena serangan jantung sebaiknya punya teman-teman dekat untuk saling berhubungan dan curhat.

14. Minumlah teh mint.

Ringankan masalah gangguan pencernaan dengan minum secangkirteh peppermint sesudah makan. Peppermint dipercaya dapat meningkatkan aliran cairan empedu, yang dapat menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan lebih cepat. Tapi jika Anda punya masalah acid reflux (cairan lambung yang naik ke kerongkongan) perlu hati-hati karena konsumsi peppermint akan lebih memperburuk masalah.

15. Alpukat atasi kulit kering.

Untuk mengatasi kulit yang kering, perbanyak makan alpukat. Alpukat sangat kaya asam lemak tidak jenuh dan vitamin E. Kduanya penting agar kulit sehat. Cobalah mengkonsumsinya dalam bentuk salad atau pengisi roti, atau jus; tentunya tanpa gula dan susu!

16.Jangan lupa Vitamin D.

Periksakan tingkat vitamin D Anda dengan tes darah sederhana. Vitamin D merupakan pendamping kalsium untuk menghasilkan tulang kuat. Dapatkan jumlah asupan minimum 1QOQ Ul/hari melalui supplemen dan makanan yang mengandung vitamin D. Namun yang paling mudah mendapatkan vitamin D adalah berjemur di sinar matahari pagi.

17.Makan Ikan untuk mata kering.

Anda pernah merasakan mata kering? Perbanyak asupan ikan laut dalam, misalnya salmon, sarden, atau mackerei yang mengandung asam lemak Omega-3. Zat int dimanfaatkan tubuh sebagai salah satu bahan produksi air mata. Riset membuktikan bahwa konsumsi asam lemak Omega-3 bisa mengatasi mata kering.

18. Cuci tangan.

Untuk menghindari penyakit flu serta merebaknya endemik beberapa virus belakangan ini, cucilah tangan dengan baik dan sesering mungkin. Gunakan sabun biasa dan air.

19.Makanlah brokoli.

Untuk gusi sehat,
masukkan sayuran brokoli dalam daftar belanjaan Anda. Brokoli merupakan sumber vitamin C dan kalsium yang sangat baik, dan dipercaya dapat mengurangi masalah-masalah gigi dan gusi.

20. Konsumsi madu alami.

Hasil riset membuktikan bahwa madu sangat efektif meredakan batuk di malam hari. Gunakan madu yang berfungsi medis, misalnya madu Manuka dan minumlah dua sendok teh sebelum tidur.

21.Kunyah biji adas

Kandungan zat aktif biji adas terbukti dapat meringankan perut kembung. Kunyah pelan-pelan dan telan sekitar setengah sendok teh biji adas setiap sehabis makan.

22. Cobalah GLA.

Jika Anda telah gagal menggunakan obat-obat untuk menanggulangi berbagai penyebab rambut rontok,karena stres, penggunaan produk rambut yang berlebih, serta beberapa efek pengobatan, dan penyakit seperti hypothyroidism, pertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung minyak evening primrose. Minyak evening primrose merupakan sumber dari asam gamma-linolenic (GLA), yaitu asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut dan agak sulit untuk didapatkan hanya dari pola diet Anda. Para ahli menganjurkan untuk mengkonsumsi 500 mg GLA dua kali sehari. Hasilnya dapat terlihat dalam kurun waktu kurang lebih 8 minggu.

23. Cermati asupan karbohidrat.

Anda berusaha menghilangkan lemak di pinggang atau perut? Batasi jumlah asupan karbohidrat dan hindari pemanis buatan. Makanan ringan yang mengandung gula serta karbohidrat olahan dapat melonjakkan kadar gula darah dan menyebabkan lemak tertimbun di bagian perut dan pinggang. Perbanyaklah mengkonsumsi whole grains, kacang-kacangan, serta sayuran segar.

24. Jangan lupakan kalsium.

Studi telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi 500 sampai 1200 mg supplemen kalsium setiap harinya dapat mengurangi gejala pramenstruasi. Studi lain juga menyatakan bahwa mengkonsumsi kalsium dalam bentuk alami (seperti produk susu rendah lemak, whole grains, bayam, dan kacang-kacangan) juga dapat meringankan gejala pramenstruasi.

25. Berkenalan dengan lavender.

Meski masih jarang ditemukan tumbuhan lavender segar di sini, namun banyak produk aromaterapi lavender yang bisa dibeli di sini. Sangat efektif meredakan stres. Sebelum masuk tidur, campurkan beberapa tetes essensial oil lavender dalam air rendaman tubuh. Putar lagu-lagu yang menenangkan ketika Anda sedang berendam. Dijamin Anda akan tidur nyenyak sesudahnya.
Comments