Thursday, February 14, 2019

Lebih Efisien, Mesin Cuci Sistem DD Jadi Alternatif


Lebih Efisien, Mesin Cuci Sistem DD Jadi Alternatif Melalui teknologi yang kian inovatif, belakangan ini banyak mesin cuci yang simpel dan efisien bermunculan di pasaran elektronik. Selain melengkapi produknya dengan fasilitasbiote-knologi, kini para produsenterse-but menerapkan sistem direct drive (DD) pada produk yang dipasarkannya.

' Menurut Sep'tiadi Cahyanto, salah seorang penyedia mesin cuci, di Jalan Diponegoro, Selasa (24/7) lalu, keunggulan sistem DD ini terletak pada bagian motor mesin cuci. "Dengan sistem ini, tenaga motoryang dihasilkan langsung dipindahkan ke drum (tabung). Berbeda pada mesin cuci lain. Pemindahan tenaga yang dihasilkan motor dipindahkan lewat belt dan pulley baru kemudian ke drum," ujarnya.

Lanjut dia, mesin cuci merek LG InteUowasher DD WD-1485 FD ini sudah memakai sistem tersebut. Selain berfasilitas bio teknologi, mesin cuciyang berkapasitas 7 kilogram ini juga menerapkan sistem DD.Kata Septiadi, dengan sistem

DD, titik pusat putaran motor penggerak berada pada posisi segaris dengan titik pusat putaran drum sehingga mengurangi getaran dan membuatnya lebih stabil. "Sistem DD ini juga memungkinkan pemindahan tenaganya berlangsung lebih efektif dan efisien," ungkapnya. Dari segi suara juga lebih halus dan tidak berisik. Di samping itu, energi yang diperlukan juga lebih hemat.

Selain itu, mesin cuci intello-washer DD ini juga dibekali fasilitas dualJitters (sistem penga-
ngkat dan pembalik ganda), cascade system (sistem penuangan air dan deterjen saat drum berputar) dan foam-removal system (sistem pembuang busa deterjen). Mengenai harga mesin cuci ini, kata dia, berkisar Rp 9 juta lebih per unit.

Hal senada diungkapkan Jacky, salah seorang penyedia mesincuci lainnya. "Saat ini produsen "mesin cuci berlomba-lomba meluncurkan produk yang hemat energi dengan sistem yang canggih pula," ujarnya.

Misalnya mesin cuci merek Samsung, yakni memiliki fasilitas child lock, auto restart dan saving energy (GAS) Fasilitas ini berfungsi sebagai pengaman dari jangkauan anak-anak, sedangkan auto restart fungsinya untuk penyimpan memori saat mati listrik. "Dengan auto restart, mesin cuci tidak akan mengulang pencucian dari awal ketika terjadi mati listrik," ungkapnya.

Merek'inTjuga'mengandal-kan mesin cuci dengan biomag-ic filter, yang fungsinya supaya cucian tidak bau dan terhindar dari bakteri. Baya
Comments